/* head news*/ /* batas akhir head news*/
/*-------headline news--------*/
/*-------batas akhir headline news--------*/

Senin, 08 April 2013

Cara Mempercepat Kinerja Komputer atau Pc Anda

Cara Mempercepat Kinerja Komputer atau Pc Anda, Aneka buat Mempercepat Loading Komputer dengan Mudah, belajar sendiri agar Jaya atau murah biaya,  Komputer bagaikan Perhiasan emas, Tips Trik Membuat Kerja Komputer / Laptop Bebas dari Lemot, Lambat dan Lelet, Para pemilik komputer dari sabang, jakarta, solo, gresik, irian jaya, merauke dll. Sekarang ini tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Komputer merupakan salah suatu benda yang bisa melakukan berbagai macam jenis aktifitas yang dapat mempermudah, membantu pekerjaan kita. dan mungkin Kini komputer merupakan salah satu benda yang wajib dimiliki oleh setiap orang, sebagai akibat dari perkembangan Jaman dan teknologi yang begitu pesat di era modern seperti sekarang ini. Tapi apa jadinya Jika Komputer atau PC yang anda punyai Mengalami 3 L, pasti anda akan kesal, ndongkol atau marah bukan? Munkin Dengan sedikit tips Cara Mempercepat Kinerja Komputer atau Pc Anda ini mudah-mudahan bisa mengatasi masalah komputer yang sedang mengalami 3L di atas. Okelah kalau begitu, Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan:


Cara Mempercepat Kinerja Komputer atau Pc Anda

1. Meminimalisasi waktu booting


A. Lokasi Booting

Secara default, biasanya computer akan memeriksa floopy terlebih dahulu. Rubahlah dengan masuk ke BIOS dengan menekan Del setelah perhitungan memory dilakukan. Lalu pada opsi FirtsBoot Device pilihlah harddisk di mana Anda meletakkan operating system. Misalnya “hard disk” Dengan cara ini, komputer tidak akan memakan waktu lagi mencari lokasi booting, tapi langsung ke harddisk tempat operating system disimpan.

B. Disable Komponen yang tidak dipakai

Semua perangkat yang terpasang pada komputer akan memakan waktu booting. Oleh sebab itu kurangi dengan klik kanan padaMy computer/properties/ hardware lalu klik Device Manager, kemudian pilih komponen yang tidak lagi terpakai dengan Klik kanan lalu pililih disable.

C. Kurangi Font

Jumlah font juga mempengaruhi proses booting. Pakai font yang diperlukan aja. Biar tidak hilang sebelum menghapus font anda bisa simpan dengan membuatkan folder tersendiri, bila suatu saat dibutuhkan anda bisa kembalikan lagi. Untuk menghapus font Caranya, masuk control panel, pilih font dan buang yang tidak dibutuhkan.

D. Hilangkan Layar Loading

Dengan menghilangkan layer loading, Anda juga dapat menghemat sedikit waktu booting. Caranya pilih menu Run pada Start menu, lalu ketikkan msconfig, tekan Ok. Setelah itu pada opsi / NOGUIBOOT berikan tanda centang. Perubahannya layar tidak menampilkan logo windows pada proses booting, hanya layar hitam.

E. Kurangi Waktu Setelah Booting

Selesai booting, komputer ada proses pengenalan jaringan. Hal ini memakan waktu, bila Anda ingin segera menggunakan computer dan komputer tidak terhubung dengan jaringan, maka caranya adalah mematikan fitur ini dengan cara masuk My Computer, pilih manage. Lalu expan Service and Application. Pada daftar service, klik dua kali Workstation. Kemudian pada dropdown box Star Up type pilih Disable.

2. Matikan/disable indeks services

Indexing Services adalah sebuah program kecil tetapi mengunakan memory computer lumayan besar. Terkadang dapat menganggu computer menjadi lebih berisik atau berbunyi dalam access harddisk. Fungsi Indexing Services adalah melakukan update daftar file computer, tujuannya untuk mempercepat kinerja PC dengan sistem dari pendaftaran index file. Jika anda tidak memerlukan pencarian file terlalu sering, Indexing Services dapat dimatikan dengan :Go to Start, Click Settings, Click Control Panel, Double-click Add/Remove Programs, Click the Add/Remove Window, Components, Uncheck the Indexing services, Click Next

3 Optimisme display setting

Dengan menurunkan tingkat gambar. Windows dengan tampilan desktop keren memang menarik. Tetapi terlalu banyak gambar akan memaka sumber resource system. Untuk mematikannya: masuk, Go to Start, Click Settings, Click Control Panel, Click System, Click Advanced, costume hapus centang pada pilihan berikut (Show shadows under menus,Show shadows under mouse pointer,Show translucent selection rectangle,Use drop shadows for icons labels on the desktop,Use visual styles on windows and buttons, atau terserah pada anda)

4. Mempercepat browser folder.

Setiap kali membuka browser folder, maka tampak kelambatan atau sedikit delay. Karen Windows XP sesaat akan mencari network file dan printer sementara membuka Windows Explorer. Untuk memperbaiki anda dapat mematikan fasilitas tersebut dengan : Open My Computer, Click on Tools menu, Click on Folder Options, Click on the View tab, Uncheck the Automatically search for network folders and printers check box, Click Apply, Click Ok,

5. Matikan Service yang Tidak Perlu.

Sebaiknya service-service tersebut dimatikan caranya masuk My Computer, pilih manage. Lalu expan Service and Application. Pilih yang tidak diperlukan, kemudian pada dropdown box Star Up type pilih Disable.

6. Matikan start up

A. Masuk start menu : Start/All Programs/ Startup hapus semua item yang tidak diperlukan.
B. Masuk msconfig, caranya : Start/ Run ketik msconfig, pilih tab Startup, hapus semua centang yang tidak diperlukan.
C. Bersihkan regedit, caranya : Start/Run ketik regedit, masuk ke HKEY_LOCAL_ MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\ Windows \CurrentVersion \Run hapus entry-entry yang tidak diperlukan
D. Bersihkan juga
HKEY_CURRENT_USER\Software \Microsoft \Windows\CurrentVersion\Run 7. Mempercepat tampilan menu. Klik start menu, pilih run, ketikkan regedit, windows registry editor akan muncul, kemudian cari HKEY_CURRENT_USER. klik tanda [+] untuk melihat submenunya. kemudian pilih control panel, lalu pilih desktop. (HKEY_CURRENT_USER [-]/= control panel [-]/desktop, Klik menushowdelay, lalu rubah valuenya dengan yang anda suka ( semakin kecil angkanya semakin cepat )

7. Perhatikan Visual Grafis

Efek efek visual grafis komputer kita seringkali memberatkan kinerja komputer PC kita. Oleh karena itu kita harus memilih antara mementingkan visual grafis/tampilan dari komputer kita atau lebih mementingkan kualitas dan performa dari komputer PC kita. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah sebagai berikut :
Klik kanan icon My Computer -> Klik Kanan -> Properties -> (Tab) Advance -> (Performance -> Setting) -> Visual Effect
Nah disitu kan ada pilihan antara mementingkan kualitas gambar atau performa komputer PC, kita pilih saja yang kita utamakan. Atau kita bisa pilih sendiri di menu custom, tinggal check/uncheck pilihan kita sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita.

8. Hindari Program-program Tidak Berguna

Seringkali kita hanya menginstall program untuk memenuhi isi komputer kita. Padahal semakin banyak program yang ada di komputer kita maka hardisk akan lebih penuh. Dan semakin banyak isi hardisk yang terpakai maka komputer kita akan berjalan lebih lambat pula. Oleh karena itu di sarankan kita agar :

►Uninstall program-program yang tidak berguna

Caranya : Control Panel -> Add or Remove Programs
Nah disitu akan kelihatan mana program-program yang sering kita pakai dan mana yang tidak. Sebaiknya untuk program yang jarang kita pakai maka di hapus saja dari komputer PC kita.

►Lakukan Disk Cleanup

Disk Cleanup ini akan membersihkan file-file bekas yang sudah tidak dibutuhkan lagi sehingga dapat menghemat space hardisk kita
Caranya : My Computer -> C: (sesuai dengan hardisk yang kita ingin bersihkan) -> Klik Kanan -> Properties -> Disk Cleanup

►Defragment Hardisk Berkala

Defragment ini juga bisa membersihkan hardisk dari data-data yang tidak berguna. Sehingga jika kita melakukan defragment hardisk ini akan menambah free spac penyimpananan hardisk kita.
Caranya : My Computer -> C: (sesuai dengan hardisk yang kita ingin bersihkan) -> Klik Kanan -> Properties -> (tab) Tools -> Defragment Now

9. Melakukan Tweaking dengan Software

Banyak software yang tersedia yang mampu meningkatkan performa komputer kita. Diantaranya Tune Up Utilities, CCleaner, RegCleaner dan masih banyak lagi. Tools-tools tersebut juga bisa membersihkan registry kita dari kesalahan-kesalahan / Error. Kita dapat mencari sofware - software tersebut dengan cara searhcing di google

10. Optimalkan Virtual Memori

Caranya : My Computer -> Klik Kanan -> Properties -> (Tab) Advance -> (Performance -> Setting) -> Advanced -> (Virtual Memori -> Change)
Nah disitu ada bagian custom size kita isi disitu sesuai dengan yang ada di Reccomended

11. Matikan Fitur Start Up Tidak Berguna

1. Start Menu RUN -> Ketikan MSCONFIG -> OK / Enter -> Pilih menu Start Up >> Hilangkan semua centang pada Start up kecuali Program Anti virus.
2. Klik Menu service -> Hilangkan centang pada Automatic Updates Setelah itu tekan Apply lalu OK

Setelah ke 11 cara di atas anda lakukan, sekarang Restart komputer anda, dan bedakan hasilnya sebelum anda melakukan perubahan ini apakah anda sudah terbebas dari komputer lelet atau lemot juga lambat.

Sekian dulu Artikel Anekajayaemas tentang Cara Mempercepat Kinerja Komputer atau Pc Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar